10 Cara Membayar BPJS Kesehatan Dengan Mudah

KotaMojokerto.com – BPJS Kesehatan adalah program asuransi kesehatan yang telah menjadi bagian integral dari sistem kesehatan di Indonesia. Bagi peserta BPJS Kesehatan, membayar iuran secara rutin adalah kewajiban yang harus dilakukan. Namun, beberapa orang mungkin masih bingung tentang cara membayar BPJS Kesehatan dengan mudah dan efisien. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dengan 10 cara yang praktis untuk membayar iuran BPJS Kesehatan.

1. Melalui Internet Banking

Pilihan pertama yang mudah adalah membayar melalui layanan internet banking. Hampir semua bank di Indonesia menyediakan layanan ini. Anda hanya perlu masuk ke akun internet banking Anda, pilih menu pembayaran tagihan, lalu cari dan pilih BPJS Kesehatan. Masukkan nomor Virtual Account (VA) BPJS Anda dan lakukan pembayaran.

2. Aplikasi Mobile Banking

Jika Anda lebih suka menggunakan perangkat seluler, banyak bank juga menyediakan aplikasi mobile banking yang memungkinkan Anda membayar BPJS Kesehatan dengan mudah. Unduh aplikasi bank Anda, masuk, dan pilih menu pembayaran. Cari BPJS Kesehatan, masukkan nomor VA, dan lakukan pembayaran dengan beberapa ketukan layar.

3. ATM Bersama atau Prima

Anda juga dapat membayar iuran BPJS Kesehatan melalui mesin ATM yang terhubung dengan jaringan ATM Bersama atau Prima. Pilih menu pembayaran tagihan, cari BPJS Kesehatan, masukkan nomor VA, dan lakukan pembayaran sesuai petunjuk yang muncul di layar ATM.

4. Kantor Pos

Jika Anda lebih suka pembayaran langsung di lokasi fisik, Anda dapat membayar iuran BPJS Kesehatan di kantor pos terdekat. Ambil formulir pembayaran, isilah dengan benar, dan serahkan kepada petugas kantor pos. Pastikan untuk membawa uang tunai atau kartu debit untuk pembayaran.

5. Mobile Payment

Metode pembayaran digital semakin populer, dan banyak platform mobile payment, seperti GoPay, OVO, dan Dana, juga mendukung pembayaran BPJS Kesehatan. Buka aplikasi mobile payment Anda, cari layanan pembayaran, pilih BPJS Kesehatan, masukkan nomor VA, dan selesaikan transaksi dengan mudah.

6. Pembayaran di Outlet Retail

Beberapa minimarket atau outlet retail juga menawarkan layanan pembayaran BPJS Kesehatan. Anda dapat mengunjungi minimarket terdekat, seperti Indomaret atau Alfamart, dan melakukan pembayaran di kasir. Berikan nomor VA kepada kasir, lalu lakukan pembayaran sesuai dengan jumlah yang tertera.

7. Kantor BPJS Kesehatan

Langkah lain yang dapat Anda ambil adalah membayar langsung di kantor BPJS Kesehatan. Kunjungi kantor BPJS terdekat, ambil nomor antrian, dan serahkan formulir pembayaran beserta uang tunai atau kartu debit. Petugas di sana akan membantu Anda menyelesaikan proses pembayaran.

8. Internet Banking Syariah

Jika Anda menggunakan layanan perbankan syariah, pastikan untuk memeriksa layanan internet banking yang disediakan oleh bank syariah Anda. Prosesnya hampir sama dengan internet banking konvensional, di mana Anda memilih BPJS Kesehatan dan melakukan pembayaran dengan menginput nomor VA.

9. Mobile Banking Syariah

Sama seperti internet banking, bank syariah juga menyediakan aplikasi mobile banking. Anda dapat menggunakan aplikasi tersebut untuk membayar iuran BPJS Kesehatan secara praktis. Pastikan aplikasi mobile banking yang Anda unduh sesuai dengan prinsip syariah.

10. Pembayaran Otomatis

Terakhir, Anda dapat mengatur pembayaran otomatis melalui layanan internet banking atau mobile banking. Pilih opsi pembayaran berkala, tentukan jadwal pembayaran bulanan, dan bank akan secara otomatis melakukan transfer sesuai dengan yang telah Anda atur.

Membayar iuran BPJS Kesehatan sekarang lebih mudah daripada sebelumnya dengan berbagai opsi pembayaran yang tersedia. Dengan mengikuti panduan ini, Anda dapat memilih metode pembayaran yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Pastikan untuk selalu memeriksa nomor Virtual Account (VA) Anda sebelum melakukan pembayaran untuk memastikan bahwa dana yang Anda transfer akan dikreditkan ke akun BPJS Kesehatan Anda dengan benar. Dengan membayar iuran secara teratur, Anda dapat menjaga keberlanjutan manfaat asuransi kesehatan dan memberikan perlindungan yang lebih baik bagi kesehatan Anda dan keluarga.

adbanner