12 Tanaman Penghilang Stres yang Mampu Menenangkan Pikiran

KotaMojokerto.com – Stres telah menjadi bagian tak terelakkan dari kehidupan sehari-hari, dan mencari cara untuk mengurangi tingkat stres menjadi semakin penting. Salah satu solusi yang alami dan efektif adalah membawa tanaman ke dalam ruang hidup Anda. Tanaman tidak hanya memberikan keindahan visual tetapi juga memiliki dampak positif pada kesehatan mental. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi jenis tanaman penghilang stres yang cocok untuk ditempatkan di dalam rumah Anda.

1. Lavender (Lavandula spp.)

Lavender bukan hanya sekadar tanaman dengan aroma yang menyenangkan; minyak esensial lavender telah lama dikenal memiliki efek menenangkan dan mengurangi kecemasan. Tanaman ini mengeluarkan aroma yang lembut dan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Menempatkan pot lavender di dalam ruangan akan memberikan keuntungan ganda sebagai dekorasi yang indah dan penenang alami.

2. Snake Plant (Sansevieria trifasciata)

Juga dikenal sebagai Mother-in-Law’s Tongue, snake plant adalah tanaman yang sangat tahan terhadap kondisi lingkungan yang kurang ideal. Tanaman ini memancarkan oksigen pada malam hari dan dapat membantu meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Selain itu, bentuk daunnya yang elegan dan pola warna yang unik menjadikannya pilihan yang menarik untuk menambah keindahan ruang.

3. Aloe Vera (Aloe barbadensis miller)

Aloe vera bukan hanya tanaman yang bermanfaat untuk kulit dan rambut, tetapi juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan mental Anda. Tanaman ini dikenal memiliki sifat penyaring udara dan memberikan suasana yang lebih segar di sekitarnya. Melihat daun aloe vera yang hijau dan berair dapat memberikan sensasi ketenangan dan relaksasi.

4. Peace Lily (Spathiphyllum spp.)

Peace lily adalah tanaman indoor yang populer, tidak hanya karena bunga putihnya yang elegan tetapi juga karena kemampuannya mengurangi level jamur dalam udara. Tanaman ini dapat membantu meningkatkan kualitas udara dan memberikan nuansa kedamaian di ruangan Anda. Peace lily juga tahan terhadap kondisi cahaya yang minim, menjadikannya pilihan yang sempurna untuk ruangan dengan pencahayaan rendah.

5. Bamboo Palm (Chamaedorea seifrizii)

Bamboo palm atau sering disebut sebagai reed palm adalah tanaman penghilang stres yang hebat. Selain membantu menyaring udara dari berbagai zat berbahaya, bamboo palm juga memberikan nuansa tropis dan menyegarkan di dalam ruangan. Tanaman ini sangat cocok untuk ditempatkan di ruang kerja atau di ruangan yang membutuhkan sentuhan alam yang menenangkan.

6. Jasmine (Jasminum spp.)

Jasmine dikenal dengan aromanya yang menyegarkan dan memikat. Studi telah menunjukkan bahwa aroma jasmine dapat membantu meningkatkan mood dan mengurangi tingkat stres. Menyematkan pot jasmine di dalam ruangan akan memberikan keharuman yang lembut dan membangkitkan suasana yang tenang. Pastikan tanaman ini mendapatkan cahaya yang cukup untuk pertumbuhan yang optimal.

7. Spider Plant (Chlorophytum comosum)

Spider plant adalah tanaman hias yang ramah lingkungan dan mudah dirawat. Tanaman ini efektif dalam menyaring zat-zat beracun seperti formaldehida dan xylene dari udara. Dengan daun panjang dan ramping, spider plant memberikan tampilan yang menyegarkan dan dapat memberikan perasaan santai di sekitar Anda.

8. Rosemary (Rosmarinus officinalis)

Rosemary bukan hanya digunakan sebagai bumbu dapur, tetapi juga dapat memberikan manfaat kesehatan mental. Aroma rosemary telah terbukti dapat meningkatkan konsentrasi dan memperbaiki mood. Menempatkan pot rosemary di ruangan atau area kerja dapat memberikan efek penyegaran dan meningkatkan produktivitas.

9. Rubber Plant (Ficus elastica)

Rubber plant adalah tanaman indoor yang tangguh dan dapat hidup dengan sedikit perawatan. Tanaman ini membantu menyaring udara dan mengurangi tingkat formaldehida di dalam ruangan. Dengan daun besar dan berkilau, rubber plant memberikan tampilan yang menarik dan memberikan sentuhan hijau yang menyegarkan.

10. Eucalyptus (Eucalyptus spp.)

Tanaman eucalyptus terkenal dengan aroma segarnya yang dapat membantu membuka saluran napas dan memberikan perasaan kesegaran. Anda dapat menempatkan pot eucalyptus di kamar mandi atau tempat yang lembap untuk meningkatkan efek aromaterapi. Selain itu, eucalyptus juga dikenal dapat membantu meredakan ketegangan otot dan meningkatkan relaksasi.

11. ZZ Plant (Zamioculcas zamiifolia)

ZZ plant adalah tanaman indoor yang sangat tahan terhadap berbagai kondisi, termasuk pencahayaan rendah. Tanaman ini dikenal karena kemampuannya menyaring udara dari senyawa berbahaya seperti xylene, toluene, dan benzene. ZZ plant memberikan sentuhan modern dan elegan dengan daunnya yang mengkilap.

12. Philodendron (Philodendron spp.)

Philodendron adalah tanaman hias yang umum ditemukan di dalam rumah. Tanaman ini mudah tumbuh dan dapat memberikan kelembaban yang diperlukan di dalam ruangan. Philodendron juga membantu menyaring udara dari senyawa berbahaya dan memberikan sentuhan hijau yang menyegarkan.

Cara Terbaik Menjaga Tanaman Penghilang Stres

Setelah memilih tanaman penghilang stres yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda, perlu diingat untuk memberikan perawatan yang baik agar tanaman tetap sehat dan bermanfaat. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga tanaman indoor Anda:

1. Penyiraman yang Tepat

Setiap tanaman memiliki kebutuhan air yang berbeda. Pastikan untuk menyiram tanaman Anda sesuai dengan kebutuhan spesifiknya. Jangan biarkan tanah terlalu kering atau terlalu basah.

2. Pencahayaan yang Cukup

Sediakan pencahayaan yang cukup sesuai dengan jenis tanaman Anda. Beberapa tanaman membutuhkan sinar matahari langsung, sementara yang lain lebih cocok dengan pencahayaan indirek.

3. Pemupukan Rutin

Berikan pupuk sesuai dengan jadwal yang direkomendasikan untuk memastikan tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup.

4. Pemangkasan dan Perawatan

Lakukan pemangkasan jika diperlukan untuk menjaga bentuk dan kesehatan tanaman. Perhatikan ciri-ciri hama atau penyakit dan jika ada segera atasi dengan cepat.

5. Pembersihan Daun

Bersihkan debu dari daun tanaman secara teratur menggunakan kain lembut atau semprotan air. Ini membantu tanaman mendapatkan sinar matahari yang optimal.

6. Perawatan Selama Musim Dingin

Beberapa tanaman mungkin memerlukan perawatan khusus selama musim dingin. Pastikan untuk memberikan lingkungan yang sesuai jika tanaman Anda peka terhadap perubahan suhu.

Dengan merawat tanaman penghilang stres ini, Anda tidak hanya mendapatkan manfaat estetika di dalam rumah Anda, tetapi juga membawa alam lebih dekat dan menciptakan lingkungan yang mendukung kesehatan mental Anda. Pilihlah tanaman yang sesuai dengan preferensi Anda, dan nikmati manfaat positif yang mereka tawarkan untuk mengurangi tingkat stres sehari-hari.

adbanner