7 Destinasi Wisata Populer 2024 di Mojokerto yang Wajib Dikunjungi

KotaMojokerto.com – Mojokerto, sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, semakin menjadi destinasi wisata yang diminati. Dengan keindahan alam, warisan sejarah, dan berbagai atraksi menarik, Mojokerto menawarkan pengalaman berlibur yang tak terlupakan. Berikut adalah tujuh destinasi wisata populer di Mojokerto yang wajib Anda kunjungi pada tahun 2024.

1. Pantai Banyu Meneng

Tempat ini terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Gedeg, Mojokerto. Di sini kamu dapat menikmati keindahan pasir putih dengan airnya jernih. Suasana pantai yang tenang membuatnya menjadi tempat ideal untuk bersantai sambil menikmati sinar matahari. Aktivitas air seperti snorkeling dan diving juga populer di sini, mengingat keindahan bawah laut yang luar biasa.

Pantai Banyu Meneng telah menjadi destinasi populer bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Keberagaman atraksi di sekitar pantai, termasuk warung makan dan penyewaan peralatan air, menjadikannya tempat yang sempurna untuk hari libur yang menyenangkan bersama keluarga dan teman.

2. Taman Langit Gunung Trawas

Taman Langit Gunung Trawas menawarkan pengalaman wisata alam yang menyegarkan. Terletak di ketinggian, taman ini memberikan panorama indah pegunungan dan udara sejuk yang menyejukkan. Aktivitas seperti hiking, camping, dan piknik keluarga dapat dinikmati di sini. Saat matahari terbenam, pemandangan dari Taman Langit menjadi lebih magis, menciptakan momen yang tak terlupakan bagi pengunjung.

Dengan fasilitas yang memadai, termasuk area bermain anak-anak dan tempat makan, Taman Langit Gunung Trawas menjadi destinasi yang ramah untuk semua kalangan. Bagi pecinta alam dan petualangan, tempat ini adalah surga tersembunyi yang dapat memberikan pengalaman mendalam.

3. Air Terjun Kakek Bodo

Tempat ini, tersembunyi di dalam hutan, menjadi destinasi yang menawan di Mojokerto. Air terjun ini memiliki suasana yang tenang dan damai sehingga cocok untuk healing. Perjalanan menuju air terjun melibatkan trekking yang menantang namun sepadan dengan keindahan alam yang akan Anda temui.

Ketika tiba di Air Terjun Kakek Bodo, pengunjung dapat bersantai sambil menikmati pemandangan yang menakjubkan. Kombinasi suara gemericik air dan hijaunya pepohonan di sekitar menciptakan pengalaman alam yang menyegarkan. Air terjun ini merupakan tempat yang tepat jika Anda ingin menikmati keindahan alam yang masih asli.

4. Pantai Gondo Mayit

Pantai Gondo Mayit terkenal dengan batu-batu besar yang tersebar di sepanjang pantainya. Pemandangan unik ini memberikan daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Pantai ini juga menjadi tempat favorit bagi para peselancar, berkat ombaknya yang cukup tinggi. Bagi mereka yang lebih suka bersantai, Pantai Gondo Mayit menawarkan keindahan matahari terbenam yang menakjubkan.

Dengan pasir yang lembut dan angin sepoi-sepoi laut, pantai ini merupakan tempat yang sempurna untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. Pantai Gondo Mayit adalah destinasi yang cocok untuk berbagai jenis liburan, mulai dari petualangan air hingga momen romantis saat matahari terbenam.

5. Candi Tikus

Candi Tikus adalah situs bersejarah yang menggambarkan kejayaan Majapahit pada abad ke-14. Ditemukan di Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Candi Tikus menawarkan arsitektur yang indah dan nilai sejarah yang tinggi. Dibangun sebagai candi pemandian, tempat ini mencerminkan kehidupan masyarakat Majapahit dan praktik keagamaan mereka.

Sebagai bagian dari kompleks Trowulan, Candi Tikus menjadi destinasi penting bagi para penggemar sejarah dan arkeologi. Dengan relief yang mengesankan dan atmosfer yang khusyuk, pengunjung dapat meresapi keindahan seni dan sejarah yang tertanam dalam struktur candi ini.

6. Wisata Alam Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan adalah destinasi wisata yang menggabungkan keindahan alam dan sejarah. Terletak di Kecamatan Trawas, gunung ini menawarkan trekking menantang yang dihiasi oleh keindahan panorama alam. Puncak Gunung Penanggungan memberikan pemandangan yang menakjubkan, termasuk Kota Mojokerto dan sekitarnya.

Selain panorama alam, Gunung Penanggungan memiliki sejumlah pura dan candi yang mencerminkan campuran budaya Hindu dan Buddha. Pura Agung Jolotundo, salah satu destinasi di Gunung Penanggungan, adalah tempat suci yang diyakini memiliki air suci yang dapat memberikan keberuntungan dan keselamatan.

7. Desa Wisata Mojokerto

Desa Wisata Mojokerto adalah destinasi yang memungkinkan pengunjung untuk menyelami kehidupan tradisional Jawa. Terletak di Desa Mojokerto, desa ini mempertahankan keaslian budaya dan tradisi masyarakat Jawa. Pengunjung dapat berinteraksi dengan penduduk setempat, belajar membuat batik, dan mencicipi kuliner tradisional.

Desa Wisata Mojokerto juga menawarkan homestay yang memberikan pengalaman menginap yang autentik. Dengan suasana pedesaan yang tenang dan keramahan penduduk, mengunjungi Desa Wisata Mojokerto adalah cara yang sempurna untuk merasakan kehidupan sehari-hari masyarakat Jawa.

Mojokerto, dengan kekayaan alam dan sejarahnya, menawarkan berbagai destinasi wisata yang dapat memuaskan setiap jenis pengunjung. Dari pantai-pantai yang memukau hingga situs-situs bersejarah yang memikat, kota ini memiliki segalanya untuk pengalaman liburan yang tak terlupakan. Dengan mengunjungi tujuh destinasi wisata populer di Mojokerto yang telah disebutkan di atas, Anda dapat menikmati keindahan alam, mengeksplorasi warisan sejarah, dan meresapi keunikan budaya kota ini. Selamat menikmati liburan Anda di Mojokerto!

adbanner