Daftar Kuliner Viral 2024 Untuk Kaum Foodies

KotaMojokerto.com – Kuliner selalu menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup manusia, dan setiap tahunnya, muncul tren baru yang memikat selera penggemar makanan. Tahun 2024 tidak terkecuali, dengan deretan kuliner viral yang mencuri perhatian para foodies di seluruh dunia. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi beberapa kuliner viral terkini yang sedang menjadi perbincangan hangat dan mendominasi media sosial.

1. Burger Beyond

Burger tak lagi hanya tentang daging dan keju. Tahun 2024 menjadi saksi munculnya burger-burger inovatif yang menggabungkan berbagai elemen tak terduga. Salah satu tren yang sedang viral adalah burger dengan patty non-daging, seperti burger berbahan dasar tumbuhan atau bahkan lab-grown meat. Selain itu, penggunaan topping unik seperti saus truffle, keju artisan, dan sayuran organik lokal semakin menjadikan burger sebagai karya seni kuliner.

2. Rage of Rainbow Desserts

Dessert berwarna-warni kembali merajai dunia kuliner. Tren ini bukan hanya tentang rasa yang lezat, tetapi juga visual yang menarik. Rainbow bagels, unicorn cakes, dan berbagai macam kue berwarna mencolok menjadi daya tarik utama. Para koki dan pebisnis kue berlomba-lomba menciptakan dessert yang tidak hanya enak, tetapi juga memanjakan mata dengan keindahan warna-warni yang menggoda.

3. Makanan Berkonsep Unik di Dalam Botol

Konsep makanan dalam botol menjadi sensasi tersendiri di tahun 2024. Berbagai hidangan, mulai dari salad hingga hidangan utama, dihidangkan dalam botol kaca yang estetis. Bottle dining memberikan pengalaman makan yang unik, praktis, dan juga ramah lingkungan. Ini juga menjadi cara efektif untuk take-away, sehingga dapat dinikmati di mana saja dan kapan saja.

4. Vegan Delight

Semakin banyak orang yang beralih ke pola makan vegan, dan kuliner viral tahun 2024 tidak ketinggalan menghadirkan berbagai pilihan lezat tanpa bahan baku hewan. Mulai dari pizza dengan keju vegan hingga sushi dengan bahan pengganti ikan yang ramah lingkungan, kuliner vegan menjadi pilihan yang semakin diminati. Restoran dan kafe yang menawarkan menu vegan juga semakin bertebaran, menciptakan gelombang baru dalam industri kuliner.

5. Dalgona Coffee

Dalgona coffee masih tetap bertahan sebagai minuman yang mendominasi media sosial pada tahun 2024. Minuman kopi yang dihasilkan dari campuran kopi, gula, dan air panas ini menciptakan busa lembut yang ditempatkan di atas susu dingin. Selain rasanya yang lezat, tampilan estetis Dalgona coffee yang Instagrammable membuatnya tetap menjadi favorit pengguna media sosial.

6. Tren Makanan Fungsional

Tahun 2024 juga melihat lonjakan minat terhadap makanan fungsional yang tidak hanya enak tetapi juga memberikan manfaat kesehatan. Makanan tinggi serat, superfood, dan makanan yang diperkaya dengan nutrisi menjadi pilihan populer. Restoran dan kafe yang menekankan pada kesehatan dan kebugaran semakin banyak diminati, menciptakan tren kesehatan yang terintegrasi dalam dunia kuliner.

7. Kuliner Lokal yang Viral

Meskipun tren internasional mendominasi, kuliner lokal juga tetap menjadi magnet viral di tahun 2024. Makanan tradisional yang diberi sentuhan inovatif menjadi daya tarik tersendiri. Dari street food hingga makanan khas daerah, kuliner lokal menunjukkan eksistensinya dengan berbagai kreasi yang memukau lidah dan mata.

8. Virtual Dining Experience

Pengaruh teknologi juga turut mengubah cara kita menikmati kuliner. Virtual dining experience menjadi tren yang sedang berkembang di tahun 2024. Restoran dan kafe menawarkan paket makanan dengan pengalaman virtual, termasuk panduan memasak melalui video call dan suasana restoran yang disajikan melalui virtual reality. Ini memberikan kesempatan bagi orang untuk menikmati kuliner favorit mereka tanpa harus meninggalkan rumah.

9. Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembuatan Makanan

Tren inovatif lainnya adalah penggunaan teknologi 3D printing dalam pembuatan makanan. Berbagai makanan, mulai dari cokelat hingga pasta, dapat dicetak menggunakan printer khusus. Ini bukan hanya sekadar pencapaian teknologi, tetapi juga menciptakan bentuk dan tekstur makanan yang baru dan menarik.

10. Kolaborasi Unik

Kolaborasi unik antara berbagai jenis masakan menjadi daya tarik tersendiri. Fusion food atau makanan dengan paduan rasa dari dua atau lebih budaya berbeda semakin populer. Misalnya, perpaduan masakan Jepang dan Italia dalam sushi pizza atau ramen burger. Kolaborasi semacam ini menciptakan pengalaman kuliner yang menggoyang lidah dan memberikan kejutan yang menyenangkan.

Tahun 2024 membawa berbagai kuliner viral yang mencerminkan evolusi selera masyarakat dalam dunia kuliner. Dari burger inovatif hingga makanan dalam botol yang praktis, semua tren ini mencerminkan keragaman dan kreativitas dalam memanjakan lidah. Seiring teknologi terus berkembang, kita juga melihat pemanfaatan teknologi dalam pembuatan makanan, memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Tak lupa, kuliner lokal juga tetap memiliki tempat istimewa, menunjukkan bahwa warisan kuliner tradisional tetap relevan di era modern ini. Maka, mari bersiap-siap untuk menjelajahi kelezatan kuliner viral 2024 yang tidak hanya lezat di lidah, tetapi juga memikat mata dan perut kita.

adbanner