Telusuri Warisan Masa Lalu dengan Mengunjungi 5 Tempat Wisata Bersejarah di Mojokerto berikut ini

KotaMojokerto.com – Mojokerto, sebuah kota yang kaya akan sejarah dan kebudayaan, menyajikan sejumlah destinasi wisata bersejarah yang menggugah rasa ingin tahu pengunjung. Dari situs-situs kuno hingga bangunan bersejarah, mari kita menjelajahi lima tempat wisata bersejarah di Mojokerto yang dapat membawa Anda kembali ke masa lalu.

1. Candi Tikus

Candi Tikus adalah peninggalan bersejarah yang menakjubkan, mewakili kejayaan Majapahit pada abad ke-14. Terletak di Desa Temon, Kecamatan Trowulan, Candi Tikus ditemukan pada tahun 1914 dan sejak itu menjadi objek studi yang signifikan dalam bidang arkeologi. Candi ini memiliki keunikan tersendiri, tidak hanya dalam arsitekturnya, tetapi juga dalam fungsi ritualnya.

Candi Tikus dibangun dengan ciri khas Majapahit, dengan relief dan ukiran yang mencerminkan keahlian seni dan keindahan estetika pada masa itu. Sebagai candi pemandian, tempat ini diyakini digunakan untuk ritual keagamaan dan kebersihan diri. Saat mengunjungi Candi Tikus, Anda akan merasakan aura sejarah yang kental, melihat bagaimana masyarakat Majapahit menjalani kehidupan sehari-hari dan merayakan kepercayaan spiritual mereka.

2. Museum Mojopahit

Museum Mojopahit merupakan pusat penyimpanan sejarah Mojokerto yang menampilkan berbagai artefak dan benda bersejarah dari masa Majapahit. Terletak di Desa Temon, museum ini memberikan pengunjung kesempatan untuk melihat lebih dekat kehidupan masyarakat pada zaman dahulu. Koleksi museum mencakup benda-benda seperti ukiran batu, arca, dan tembikar yang menceritakan cerita kehidupan pada masa Majapahit.

Dengan panduan yang informatif, pengunjung dapat memahami konteks sejarah di balik setiap artefak yang dipamerkan. Museum Mojopahit bukan hanya tempat yang menyimpan barang bersejarah, tetapi juga ruang edukasi yang memungkinkan pengunjung menggali lebih dalam pengetahuan mereka tentang sejarah kota ini.

3. Monumen Trinil

Monumen Trinil adalah tempat yang penuh misteri dan keunikan sejarah. Terletak di Kecamatan Ngawi, Mojokerto, monumen ini menjadi saksi bisu penemuan manusia purba pada tahun 1891 oleh seorang ahli paleontologi terkenal, Eugene Dubois. Pada saat itu, Dubois menemukan tengkorak manusia purba yang dikenal sebagai “Pithecanthropus erectus” atau “Java Man.”

Monumen Trinil kini menjadi situs penting yang menyajikan replika temuan tersebut dan informasi terkait yang menjelaskan evolusi manusia. Pengunjung dapat melihat replika tengkorak Java Man dan ekskavasi situs asli, memberi mereka pemahaman yang lebih baik tentang perjalanan evolusi manusia di Indonesia.

4. Candi Brahu

Candi Brahu adalah peninggalan sejarah lainnya yang mencerminkan keagungan arsitektur Hindu-Jawa. Terletak di kompleks Trowulan, candi ini berasal dari abad ke-14 dan dianggap sebagai salah satu candi paling indah di Mojokerto. Candi Brahu memiliki arsitektur yang mengagumkan dengan hiasan relief yang indah, menciptakan suasana religius dan artistik.

Selain keindahannya, Candi Brahu memiliki makna sejarah yang dalam. Candi ini diduga sebagai tempat pemujaan untuk dewa tertentu, dan strukturnya mencerminkan kekayaan dan kemegahan Majapahit pada masa itu. Pengunjung dapat menjelajahi kompleks candi, mengamati detail relief yang rumit, dan merenungkan keagungan peradaban Hindu-Jawa yang pernah ada.

5. Kedaton Sumberawan

Kedaton Sumberawan adalah benteng bersejarah yang berdiri kokoh di pinggiran Kota Mojokerto. Benteng ini dibangun pada masa pemerintahan Mataram Islam pada abad ke-16 dan digunakan sebagai pertahanan terhadap serangan musuh. Meskipun seiring berjalannya waktu benteng ini mengalami kerusakan, tetapi sebagian besar strukturnya masih dapat dinikmati oleh pengunjung.

Dengan dikelilingi oleh dinding batu yang kuat, Kedaton Sumberawan menyuguhkan atmosfer yang memukau dan memungkinkan pengunjung merasakan bagaimana kehidupan di dalam benteng pada masa lalu. Di tempat ini, Anda dapat mengeksplorasi ruang-ruang yang digunakan untuk berbagai keperluan, seperti tempat tinggal, gudang, dan ruang pertemuan. Setiap sudut Kedaton Sumberawan membawa Anda lebih dekat dengan sejarah ketangguhan dan kecerdikan peradaban di Mojokerto.

Mojokerto bukan hanya tentang destinasi wisata alam yang memukau, tetapi juga tentang perjalanan melintasi lorong waktu sejarah yang kaya. Dari Candi Tikus yang megah hingga Monumen Trinil yang menyimpan misteri manusia purba, setiap tempat wisata bersejarah di Mojokerto menyajikan potongan-potongan berharga dari masa lalu. Dengan menjelajahi kelima destinasi ini, Anda tidak hanya akan menjadi saksi sejarah, tetapi juga merasakan keajaiban dan keunikan kota ini. Selamat menjelajahi dan meresapi keindahan sejarah Mojokerto!

adbanner