Cara Mengembalikan Instagram yang Dibajak Dengan Mudah

KotaMojokerto.com – Instagram adalah platform media sosial yang sangat populer, tetapi sayangnya, kasus peretasan atau pencurian akun tidak jarang terjadi. Jika akun Instagram Anda dibajak, jangan panik. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci langkah-langkah untuk mengembalikan akun Instagram yang dibajak, serta memberikan tips keamanan untuk mencegah kejadian serupa di masa depan.

1. Laporkan Pencurian Akun ke Instagram

Langkah pertama yang harus Anda ambil jika akun Instagram Anda dibajak adalah melaporkannya ke tim dukungan Instagram. Caranya:

– Buka aplikasi Instagram dan pergi ke halaman login.
– Klik “Lupa Kata Sandi” dan masukkan alamat email atau nomor ponsel yang terkait dengan akun Anda.
– Instagram akan mengirimkan tautan reset kata sandi ke alamat email atau nomor ponsel tersebut.
– Setelah mereset kata sandi, login ke akun Anda dan periksa apakah ada aktivitas yang mencurigakan.
– Jika Anda tidak dapat mengakses akun, klik “Laporkan Masalah” dan pilih “Akun Dibajak.”

Penting untuk memberikan informasi seakurat mungkin saat melaporkan masalah Anda kepada Instagram.

2. Hubungi Tim Dukungan Instagram Melalui Email

Jika langkah pertama tidak memberikan hasil positif, Anda dapat menghubungi tim dukungan Instagram melalui email. Tulis email yang jelas dan rinci, sertakan informasi berikut:

– Nama lengkap yang terdaftar pada akun Instagram.
– Nama pengguna (username) akun yang dibajak.
– Alamat email atau nomor ponsel terkait dengan akun tersebut.
– Ceritakan secara singkat kronologi kejadian dan berikan bukti kepemilikan akun, seperti screenshot postingan atau informasi akun yang hanya diketahui oleh pemilik sah.

Alamat email dukungan Instagram: [email protected]

3. Gunakan Opsi Pemulihan Akun

Instagram menyediakan opsi pemulihan akun melalui email atau nomor ponsel terkait. Jika Anda dapat mengakses salah satu opsi ini, ikuti langkah-langkah pemulihan berikut:

– Pertama, bukalah Instagram dan pilih “Lupa Kata Sandi”.
– Pilih opsi pemulihan melalui email atau nomor ponsel.
– Instagram akan mengirimkan tautan atau kode verifikasi.
– Setelah verifikasi, Anda dapat mereset kata sandi dan mengakses kembali akun Instagram Anda.

Pastikan untuk mengganti kata sandi dengan kombinasi yang kuat dan sulit ditebak.

4. Periksa Aktivitas Terkait Akun

Setelah Anda berhasil mendapatkan kembali akses ke akun Instagram, periksa aktivitas terkait akun Anda. Lihat apakah ada perubahan informasi profil, email, atau nomor ponsel terkait. Jika ada, pulihkan kembali informasi yang benar dan pastikan akun Anda aman.

5. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor (2FA)

Autentikasi Dua Faktor (2FA) adalah langkah keamanan tambahan yang sangat dianjurkan. Dengan mengaktifkan 2FA, setiap kali Anda login, Instagram akan meminta kode verifikasi yang dikirimkan ke perangkat yang telah Anda daftarkan. Cara mengaktifkannya:

– Buka aplikasi Instagram dan pergi ke “Pengaturan”.
– Pilih “Keamanan” dan klik “Autentikasi Dua Faktor”.
– Pilih metode verifikasi yang diinginkan, seperti SMS atau aplikasi otentikator.
– Ikuti langkah-langkah untuk menyelesaikan pengaturan 2FA.

6. Perbarui Perangkat Lunak dan Aplikasi

Pastikan bahwa perangkat lunak dan aplikasi Instagram Anda selalu diperbarui. Pembaruan terbaru sering kali menyertakan perbaikan keamanan yang dapat melindungi akun Anda dari potensi ancaman.

7. Ganti Kata Sandi Secara Berkala

Ganti kata sandi akun Instagram secara berkala untuk meningkatkan keamanan. Agar lebih aman maka gunakanlah kata sandi yang terdiri dari kombinasi huruf besar, angka, huruf kecil, dan karakter khusus.

8. Waspadai Email Phishing dan Pesan Palsu

Jangan pernah memberikan informasi akun atau kata sandi melalui email atau pesan yang mencurigakan. Periksa selalu alamat pengirim dan pastikan itu adalah kontak resmi dari Instagram sebelum memberikan informasi apa pun.

9. Gunakan Keamanan Biometrik pada Perangkat Anda

Jika perangkat Anda mendukung keamanan biometrik seperti sidik jari atau pengenalan wajah, aktifkan fitur ini. Hal ini memberikan lapisan keamanan tambahan untuk melindungi akses ke akun Instagram Anda.

10. Sosialisasikan Tips Keamanan dengan Pengikut Anda

Berguna untuk membagikan tips keamanan kepada pengikut Anda melalui postingan atau cerita Instagram. Ajak mereka untuk menggunakan autentikasi dua faktor, mengganti kata sandi secara rutin, dan berhati-hati terhadap praktik phishing.

Keamanan akun Instagram sangat penting untuk melindungi privasi dan integritas online Anda. Jika akun Anda dibajak, tindakan cepat dan efisien diperlukan. Mengikuti panduan ini dapat membantu Anda mengembalikan akun Instagram yang dibajak dan mencegah terjadinya serangan serupa di masa depan. Selalu prioritaskan keamanan online Anda dan jagalah informasi pribadi dengan hati-hati.

adbanner